Fakultas Perikanan dan Kelautan

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga didirikan pada 25 Juli 2008 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga, nomor 5887/JO3/OT/2008, merupakan Fakultas ke-13 dari 13 Fakultas, yang didirikan di lingkungan Universitas Airlangga.Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga merupakan pengembangan dari Program Studi S1 Budidaya Perairan di bawah Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 325/DIKTI/Kep/2000 tanggal 7 September 2000.

Dalam perkembangannya, Program Studi S1 Budidaya Perairan sudah terakreditasi dengan nilai A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas Nomor :004/BAN-PT/Ak-XV/S1/IV/2012 tanggal 27 April 2012.

Tersertifikasi ISO, IWA dan Malcom Baldrige

Visi dan Misi

онлайн бизнес
автопортал

VISI

Menjadi Fakultas yang mandiri, inovatif yang diakui secara nasional dan internasional serta mempunyai keunggulan di bidang perikanan dan kelautan berdasarkan moral keagamaan.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik berbasis teknologi pembelajaran modern dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (Quality Assurance)
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan dan penelitian yang inovatif dan untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang perikanan dan kelautan kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan serta  memiliki daya saing berdasarkan moral agama.
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif yang mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan  dalam skala nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberdayakan masyarakat agar mampu memecahkan masalah khususnya di bidang   perikanan dan kelautan secara mandiri dan berkelanjutan.
  4. Mewujudkan kemandirian Fakultas yang adaptif, kreatif,proaktif terhadap tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang  perikanan dan kelautan.

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Sasaran pengembangan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga merupakan bagian dari Renstra Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga yang merupakan penjabaran dari visi dan  misi yang disusun berdasarkan analisis SWOT. Sasaran Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga adalah untuk meningkatkan kualitas lulusan program studi sesuai dengan kompetensinya. Target Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga adalah lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja (job creator) / masa tunggu < 3 bulan sampai tahun 2015 sebesar 85 % dengan target lulusan S1 yang dapat menyelesaikan masa studi 4 – 4.5 tahun sebesar 80 %. Adapun strategi pencapaiannya adalah sebagai berikut :

 

Bidang Akademik

Pendidikan ( terkait dengan input, proses, output dan outcome)

  1.  Meningkatkan kualitas calon mahasiswa.
  2. Melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi dengan sistem pembelajaran yang berkualitas.
  3.  Meningkatkan jumlah buku ajar yang penerbitannya difasilitasi oleh fakultas.
  4. Meningkatkan TOEFL mahasiswa akhir > 450.
  5.  Meningkatkan jumlah lulusan dengan lama skripsi ≤ 1 semester.
  6. Meningkatkan jumlah lulusan dengan lama studi 4 – 4,5 tahun.
  7.  Meningkatkan jumlah lulusan dengan IPK > 3.
  8. Meningkatkan AEE > 20 %.
  9. Memperpendek masa tunggu lulusan < 3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan.
  10. Meningkatkan kepuasan stakeholders sebagai pengguna lulusan Program Studi Budidaya Perairan.

 

Penelitian

  1. Meningkatkan kualitas penelitian dalam negeri dengan menggalang kerjasama penelitian yang saling menguntungkan dengan institusi lain atau sektor industri.
  2. Meningkatkan penelitian dalam negeri > 0,5 / dosen.
  3. Meningkatkan penelitian luar negeri > 0,1 / dosen.
  4. Meningkatkan jumlah publikasi nasional dan internasional.
  5.  Meningkatkan jumlah karya yang diproses hak patennya.

 

Pengabdian Masyarakat

  1.  Meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan dengan penelitian dosen.
  2. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah binaan.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dengan menggalang kerjasama pengabdian masyarakat dengan institusi terkait.

 

Manajemen Akademik

  1.  Melaksanakan secara rutin evaluasi diri program studi yang komperehensif.
  2. Melaksanakan secara rutin EPSBED dengan validitas data.
  3. Meningkatkan indeks kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik program studi.
  4. Melaksanakan ketepatan KHS secar rutin.
  5. Meningkatkan indeks kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen.
  6. Mengimplementasikan Airlangga Integrated Management System ( AIMS ) khususnya Pedoman Prosedur Pembelajaran dan Pedoman Prosedur yanf terkait.

 

Bidang Kemahasiswaan

  1. Meningkatkan keketatan mahasiswa.
  2. Melaksanakan pengembangan soft skills mahasiswa baik yang terintegrasi pada proses pembelajaran maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler.
  3. Meningkatkan proporsi  jumlah mahasiswa penerima beasiswa.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan soft skills mahasiswa.
  5. Meningkatkan jumlah mahasiswa yang mengikuti student exchange.

 

Bidang Sumberdaya

  1. Meningkatkan proporsi dosen berpendidikan S3 > 30%.
  2. Meningkatkan prosentase guru besar.
  3. Meningkatkan kompetensi dosen antara lain melalui program pelatihan, lokakarya, simposium, seminar, workshop, sandwich, short research visit, dan staff exchange.
  4. Menerapkan penilaian kineja dosen setiap semester melalui EWMP.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran.
  6. Mengembangkan manajemen pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.

 

Bidang Kerjasama, Sistem Informasi dan Alumni

  1. Meningkatkan efektivitas kerjasama dengan pihak pemrintah dan swasta di dalam negeri maupun institusi di luar negeri baik di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat maupun peningkatan kompetensi sumberdaya manusia.
  2. Meningkatkan mutu website fakultas.
  3. Meningkatkan fasilitas WIFI.
  4. Meningkatkan peran Sistem Informasi sebagai sarana untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan program studi, fakultas dan universitas melalui mailing list.
  5. Meningkatkan peran alumni untuk pengembangan program studi dan fakultas.
  6. Melaksanakan tracer study terhadap alumni dan stakeholders pengguna lulusan secara berkelanjutan sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan program studi.

 

Sosialisasi

Penyebaran/sosialisi visi, misi dan tujuan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga kepada semua sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) serta tenaga kependidikan  secara formal dilakukan refresh sosialisasi visi, misi, dan tujuan setiap tahun melalui penyebaran buku panduan Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan. Kegiatan pameran, roadshow dan seminar yang melibatkan seluruh sivitas akademika selalu disertai pamflet, brosur, poster maupun banner yang mencantumkan visi, misi dan tujuan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Sosialisasi visi, misi dan tujuan Fakultas Perikanan dan Kelautan juga dilakukan kepada mahasiswa baru melalui kegiatan Program Pembinaan Kebersamaan  Mahasiswa Baru (PPKMB) serta dosen dan staf kependidikan baru melalui kegiatan pembinaan staf.

Rapat rutin oleh setiap Departemen di bawah Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga yang diselenggarakan setiap bulan, maupun rapat tiap semester oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga kepada sivitas akademika juga senantiasa berupaya memberikan pemahaman yang significant guna tercapainya seluruh kegiatan yang dilakukan seiring dengan visi, misi dan tujuan Fakultas Perikanan dan Kelautan. Demikan juga pelaksanaan rapat rutin 3 bulan sekali antara Pimpinan Fakultas, Tim Pendamping Kemahasiswaan, Badan Eksekutif Mahasiswa, Badan Legislatif Mahasiswa serta mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan selalu dilakukan konsolidasi terkait dengan proses pembelajaran ( kuliah dan praktikum ) serta kegiatan kemahasiswaan sehingga setiap aktivitas yang dilakukan tetap mengacu pada visi, misi dan tujuan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s